HRMlblCMFqqInfU78c3NMJxDetM02ycHTU9BqBl9

Mengenal Lompat Batu, Tradisi dan Kebudayaan Unik yang Berasal dari Nias

Mengenal Lompat Batu, Tradisi dan Kebudayaan Unik yang Berasal dari Nias
Source: wikipedia.org
mimpiwanita.com - Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki aneka ragam tradisi dan kebudayaan, termasuk salah satu diantaranya adalah suatu tradisi yang sangat unik di salah satu daerah yang ada di Sumatera Utara yaitu tradisi Lompat Batu yang ada di daerah Nias.

Tradisi Lompat Batu yang ada di daerah Nias adalah tradisi melompati batu-batu yang telah disusun sedemikian rupa atau yang biasa disebut oleh orang Nias sebagai Fahombo Batu. Pada zaman dahulu tradisi ini dilakukan oleh pemuda-pemuda Nias yang jika mereka bisa melompati batu ini maka mereka sudah dianggap dewasa dan matang secara fisik.

Batu yang tersusun memiliki ketinggian mencapai 2 meter dan memiliki ketebalan 40 cm. Batu-batu ini melambangkan ketangguhan dan kekuatan pemuda-pemuda yang ada di Nias dalam menjaga kampung halamannya atau yang biasa disebut dalam bahasa Nias sebagai Samu'i Mbanua.

Meskipun tradisi ini identik dengan pulau dan Suku Nias, namun ada hal yang perlu dicatat dimana tidak semua daerah di Nias yang memiliki tradisi Lompat Batu ini. Adapun salah satu daerah yang memiliki tradisi ini adalah daerah Teluk Dalam yang ada di Pulau Nias.

Dalam tradisi Lompat Batu ini yang diperbolehkan mengikutinya hanyalah kaum laki-laki saja mengingat orang-orang yang berhasil melompati batu ini akan diposisikan sebagai garda terdepan dalam membela kampungnya jika nantinya terjadi perselisihan dengan kampung daerah lain.

Pemuda-pemuda yang akan mengikuti Lompat Batu ini biasanya adalah orang-orang yang sudah dilatih sejak mereka masih kecil dimana bagi mereka yang bisa melewati batu ini maka mereka dan bahkan keluarganya akan mendapatkan suatu kebanggaan tersendiri dan mendapatkan status sosial sebagai orang-orang terpandang di kampung mereka masing-masing. Tidak heran memang, karena tidak semua orang bisa menaklukkan batu yang tinggi ini meskipun mereka sudah sering berlatih untuk melewati batu ini. Bahkan tidak jarang mereka mengalami cedera luka hingga patah tulang bagi mereka yang ingin mencoba melompati batu ini.

Kemampuan dan ketangkasan orang-orang yang dapat melompati batu ini seringkali dikaitkan dengan kepercayaan kepada para leluhur. Dimana jika leluhur mereka merupakan seorang pemberani dan pelompat batu, mereka percaya salah satu dari keturunanya pasti akan ada yang mewarisi kemampuan leluhur mereka tersebut. Bagi mereka yang ingin melompat batu juga biasanya akan meminta izin restu para leluhur mereka untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Nah buat kamu yang mungkin punya rencana bepergian ke Pulau Nias, kamu wajib menyaksikan tradisi unik yang satu ini. Disamping itu, tradisi ini merupakan salah satu acara pertunjukan yang wajib digelar jika adanya event atau kegiatan yang dilakukan di Pulau Nias.
Related Posts
Herliyani Waruwu
Kamu tidak bisa kembali dan mengubah awal saat kamu memulainya, tapi kamu bisa memulainya lagi dari di mana kamu berada sekarang dan ubah akhir.

Related Posts

Posting Komentar