HRMlblCMFqqInfU78c3NMJxDetM02ycHTU9BqBl9

Tips dan Cara untuk Menghilangkan Kutu Rambut yang Menggangu

Tips dan Cara untuk Menghilangkan Kutu Rambut yang Menggangu
Source: pixabay.com
mimpiwanita.com - Kutu rambut adalah sejenis parasit berukuran kecil yang memperoleh makanan dengan cara menghisap darah inang yang dihinggapinya. Kutu rambut ini biasanya hidup di bagian kepala hewan maupun kepala manusia. Adanya kutu di kepala ini rasanya cukup mengganggu aktivitas yang kita lakukan karena membuat kita sesekali harus menggaruk kulit kepala kita akibat rasa gatal yang ditimbulkan oleh aktivitas kutu ini.

Lebih lanjut mengenai kutu rambut ini, kutu betina mampu mengeluarkan telur kurang lebih enam butir telur sehari. Telur-telur kutu ini akan melekat dengan sangat erat pada rambut yang dihinggapi kutu. Telur-telur kutu ini kemudian akan menetas setelah kurang lebih 8 hari lamanya dimana setiap "calon" kutu ini akan melewati tiga fase sebelum menjadi kutu dewasa yang sesungguhnya. Adapun ketiga fase yang dimaksud yaitu fase telur, fase nimfa, dan fase kutu dewasa.

Kita sebenarnya dapat dengan mudah mengetahui ada atau tidaknya kutu rambut yang hinggap di kepala kita dari gejala-gejala berikut:
  • Timbulnya rasa gatal di permukaan kulit kepala yang disebabkan oleh reaksi kulit kepala terhadap air liur kutu. Rasa gatal ini akan membuat penderita akan menggaruk kepala karena rasa gatalnya.
  • Tanda-tanda merah di kulit kepala, leher, maupun belakang telinga akibat iritasi akan aktivitas kutu ini.
  • Adanya telur-telur kutu yang menempel di rambut penderita. Telur-telur kutu ini berukuran kecil dan sekilas tampak seperti ketombe. Namun jika telur ini ditekan (dipecahkan) akan mengeluarkan bunyi "klik".
Sebenarnya untuk mengatasi kutu yang mengganggu ini cukup mudah namun membutuhkan kesabaran yang ekstra untuk tidak sering menggaruk kepala dengan tujuan menghindari resiko cedera yang terjadi pada kulit kepala kita. Cukup dengan rutin keramas setiap / beberapa hari sekali untuk membuat permukaan kulit kepala kita bersih, maka kutu akan pergi dengan sendirinya. Karena memang permukaan kulit kepala yang kotor merupakan tempat yang sangat disenangi oleh kutu.

Namun selain dengan menjaga kebersihan kulit kepala kita, berikut tips tambahan untuk mempercepat proses menghilangkan kutu rambut yang menggangu:

Tips Menghilangkan Kutu Rambut

1. Gunakan Sisir Kutu

Terkadang kutu tidak dapat dilihat secara langsung oleh mata. Untuk itu kamu bisa mencoba menggunakan sisir serit yang dibuat khusus untuk mengatasi kutu yang mengganggu. Sisir serit ini mempunyai bentuk sisir yang rapat yang bisa kamu gunakan untuk menjaring kutu yang mengganggu. Cara penggunaannya sama saja dengan sisir biasa yaitu tarik sisir dari bagian belakang kepala menuju ke arah depan. Namun kamu perlu hati-hati menggunakannya untuk menghindari iritasi pada kulit kepala.

2. Menggunakan Cairan Peditox

Peditox adalalah obat berbentuk cairan yang khusus digunakan sebagai pembasmi kutu rambut dengan kandungan bahan aktif Permethrin. Sebelum menggunakan Peditox sebaiknya rambut dicuci dengan shampoo, kemudian baru Peditox ini digunakan dan dapat dikombinasikan juga penggunaannya dengan sisir kutu yang telah kita bahas tadi. Setelah itu rambut dicuci lagi menggunakan shampoo hingga bersih.

3. Menggunakan Bahan-bahan Alami

Bagi kamu yang suka dengan cara-cara yang berbau alami, kamu bisa mencoba menggunakan bawang putih untuk mengusir kutu yang mengganggu ini. Cukup haluskan bawang putih, kemudian gosokkan ke bagian kulit kepala, lalu diamkan sebentar. Terakhir bilas kepala hingga bersih.

Nah itu dia tips dan cara untuk menghilangkan kutu rambut yang mengganggu. Selain dari cara yang ada di atas, untuk bisa terhindar dari kutu yang mengganggu pastikan kamu untuk rutin melakukan keramas, hindari penggunaan sisir rambut yang sama dengan orang lain, dan yang terakhir hindari kontak langsung dengan rambut orang lain.
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar